Sambut Maba Asal Blitar


        Kodrat manusia sebagai makhluk sosial membuat mereka selalu membutuhkan keberadaan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Saling melengkapi satu sama lain merupakan wujud dari ciri mereka sebagai makhluk sosial. Indonesia merupakan Negara yang terkenal akan pluralismenya, walaupun begitu Indonesia lekat akan ciri gotong royong dan saling membantu antar warganya. Dengan adanya rasa peduli sosial akan memunculkan solidaritas yang mewarnai kehidupan mereka.
        Salah satu hal yang bisa menjadikan munculnya solidaritas adalah karena persamaan daerah tempat tinggal. Mereka yang berada di daerah yang sama akan memilki rasa empati terhadap saudara sedaerahnya. Bila salah satu membutuhkan bantuan pasti yang lain dari mereka akan membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini juga berlaku meski mereka berada di daerah rantau. Mereka yang berasal dari daerah yang sama dan menempati tempat lain yang sama pula pasti akan memiliki rasa seperjuangan dan rasa senasib. Untuk itu karakter solidaritas diantara mereka tidak akan luntur dimanapun tempatnya.
       Hal ini adalah cerminan dari apa yang telah dilakukan oleh Paguyuban KEMAPATA (Keluarga Mahasiswa Panataran Blitar di Jember) sebagai wadah bagi mereka pelajar dan mahasiswa yang berjuang menuntut ilmu di Jember. Salah satu wujud dari sikap solidaritasnya adalah penyambutan mahasiswa baru yang berasal dari Biltar dan menempuh pendidikan di Jember, baik itu mereka yang diterima di Universitas Jember, Politeknik Jember ataupun yang diterima di lembaga-lembaga lain yang ada di Jember. KEMAPATA menanamkan kepada setiap anggotanya untuk menumbuhkan rasa saling memilki sebagai keluarga, karena disini merupakan tempat dimana tidak dekat dengan orang tua, jadi dengan adanya serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh KEMAPATA diharapkan dapat membantu mereka yang merasa sendiri di kota rantau ini. Sesungguhnya mereka masih memilki keluarga baru yang berasal dari kota yang sama yaitu kota Blitar.
      Penyambutan mahasiswa baru diharapkan bisa memberi sedikit bantuan bagi mahasiswa baru yang belum tau tentang seluk beluk Jember. Mulai saat mereka melakukan verifikasi hingga mahasiswa baru melaksanakan registrasi. Namun tidak berhenti disitu saja, sebagai keluarga tentunya masih banyak agenda yang dilakukan secara bersama-sama, penyambutan mahasiswa baru ini adalah salah satu bentuk kegiatan Paguyuban KEMAPATA.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget