Kemapata Gelar Try Out Simulasi SBMPTN 2016

Setiap tahunnya semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan mengadakan seleksi penerimaan Mahasiswa Baru. Berbeda dengan PTS, PTN akan mengadakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang terintegrasi dengan PTN lainnya di seluruh Indonesia. Seleksi tersebut dilakukan melalui 2 jalur masuk yaitu jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kedua jalur masuk tersebut akan dilakukan serentak diseluruh PTN di Indonesia. Jalur masuk SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai raport dan nilai prestasi yang diambil di SMA/SMK/MA mulai dari semester 3 – 5. Sedangkan jalur masuk SBMPTN berdasarkan nilai tes tulis yang diikuti oleh peserta yang mengikutinya.
Tahun ini kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dikurangi sebanyak 10%, sehingga kuota yang ada sekarang menjadi 40%. Hal tersebut akan membuat persaingan semakin ketat diantara calon mahasiswa baru. Kuota untuk jalur SBMPTN masih tetap sama yaitu 30%. Oleh karena itu, guna  mempersiapkan siswa-siswi SMA/SMK/MA masuk PTN dengan persaingan yang semakin ketat, maka Paguyuban KEMAPATA mengadakan acara Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016.
Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016 telah dilaksanakan pada 31 Januari 2016 di SMAN 1 Talun. Acara tersebut diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Blitar. Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016 merupakan acara pertama yang diadakan oleh Paguyuban KEMAPATA (Keluarga Mahasiswa Panataran Blitar di Jember). Antusias dari siswa-siswi SMA/SMK/MA dalam mengikut acara tersebut sangat bagus dan peserta yang mendaftar dalam acara Try Out terpaksa harus ditolak karena kuota yang disediakan panitia telah habis.
 Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016 hanya menyediakan 2 jenis soal yang diujikan dalam SBMPTN yang sebenarnya, yaitu Jenis soal SAINTEK dan jenis soal SOSHUM. Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016 yang telah dilaksanakan mengikuti pola SBMPTN yang sebenarnya. Hal tersebut diharapkan dapat membantu peserta yang masih belum tahu atau hanya sekedar tahu agar lebih mengetahui bagaimana jalur SBMPTN tersebut yang sebenarnya. Acara ini dilaksanakan agar peserta dapat lebih menyiapkan diri dalam mengikuti jalur SBMPTN yang sebenarnya dan menambah pengalaman untuk peserta.
Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016 dimulai pada pukul 07.00 – 12.40 WIB. Acara tersebut terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama untuk mengerjakan soal-soal TKPA (Tes Kemampuan Potensial Akademik) dan sesi kedua untuk mengerjakan soal-soal TKD Saintek/Soshum (Tes Kemampuan Dasar Saintek/Soshum). Soal-soal TKPA sifatnya wajib dikerjakan oleh semua peserta sedangkan TKD Saintek/Soshum dikerjakan berdasarkan jurusan yang dipilih oleh peserta. Sesi pertama digunakan untuk mengerjakan soal-soal TKPA dan sesi kedua digunakan untuk mengerjakan soal-soal TKD Saintek/Soshum.

Try Out SBMPTN KEMAPATA 2016 dapat berjalan dengan lancar atas dukungan dari semua pihak, baik peserta, panitia, dan lembaga yang telah ikut mendukung acara tersebut yaitu Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation (GO), IM3 OOREDO, PTPN XII Bantaran, SMAN 1 TALUN, Rumah Makan Mbak Mei, Es Mini, Restu dan Percetakan HT, serta donator yang telah mendukung acara. Terima kasih untuk semua pihak yang telah terlibat dalam acara terutama untuk semua panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara tersebut. Semoga Try Out SBMPTN KEMAPATA dapat diadakan setiap tahunnya sebagai agenda rutin kegiatan paguyuban KEMAPATA dan semoga tahun-tahun selanjutnya acara tersebut bisa lebih meriah dan lebih baik lagi. Aamiin. 
Label:

Posting Komentar

Semoga tahun depan ada lagi Try Out SBMPTN KEMAPATA 2017 #2

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget